Jumat, 19 Oktober 2012

Memotivasi diri sendiri :)


Assalamualaikum ^^

Lama sekali engga buka blog ini, alhamdulilah masih dikasi kesempatan buat nulis, hehe langsung ajadeh ini adalah tips untuk memotivasi diri sendiri. Kemarin kan suda bagi tips dari sebuah blog(baca: copas) nah yang ini dari beberapa pengalaman dan bacaan yang pernah saya baca dan dari berbagai sumber <3 .

HIDUP itu adalah perjalanan untuk akhirnya mencapai yang namanya KEMATIAN. Nah, terus apa gunanya kita hidup kalo ujungnya bakal mati?
Kita dilahirkan seperti keadaan kita pada awalnya tanpa kita punya pilihan. Kita engga bisa milih jadi perempuan atau laki-laki, tinggi atau pendek, cantik atau jelek dan sebagainya. Demikian juga kematian, kita tidak bisa memilih kapan kita akan mati dan bagaimana caranya. Semuanya adalah kontrak rahasia yang diberi Allah dengan persetujuan kita dulunya. Karena kita setuju maka lahirlah kita ke dunia :) .

Lalu kita tidak punya pilihan sama sekali dong? Tidak. Diantara kontrak yang sudah disetujui kita punya waktu antara kita Lahir sampai kita Mati. dari sinilah seluruhnya adalah pilihan kita. Kita bisa memilih menjadi rajin dan akhirnya sukses atau malah sebaliknya berleha-leha dan akhirnya susah sendiri.

Didalam begitu banyaknya pilihan yang ada dalam kehidupan terkadang manusia bingung dalam memilih. Akhirnya mereka mengalami syndrom yang bernama galau, hihihi.

Kadang mereke juga salah dalam memilih lalu menyesal, dan kemudian merasa putus asa di dalam hidup. Untuk itulah manusia memerlukan sebuah motivasi~. Motivasi itu tidak harus dari orang lain loh, motivasi ternyata bisa dari mana saja termasuk diri sendiri. Justru motivasi dari diri sendiri lebih besar manfaat yang dirasakan :).

Nah ini adalah beberapa tips nya :

1. Yakinlah pada dirimu. Tanamkan pada dirimu bahwa kamu pasti bisa. Kalau masih kurang yakin maka ingatlah Allah, karena ia adalah Dzat yang Maha besar, tiada yang mustahil baginya.

2. Berpikirlah positif. Pikirkan hal yang baik dari dirimu, tapi ingat jangan sampai menyombong ^^

3. Perbanyak bacaan positif. Agar pikiran selalu dipenuhi pikiran yang positif akan lebih baik jika kita banyak-banyak membaca, tentu saja bacaan yang dibaca adalah bacaan yang dapat memotivasi diri.

4. Jangan membalas. Saat ada teman yang meremahkanmu, bahkan merendahkanmu janganlah kau balas. Biarkanlah, jadikan itu motivasi untuk dirimu. Kau pasti akan lebih berhasil.

5. Banyak membaca cerita pendahulu yang banyak memberi inspirasi. Contohnya saja tokoh agama, ilmuan, dan sebagainya. Baca dan renungi, lihatlah rata-rata dari mereka semua tidaklah langsung sukses seperti sekarang. Pasti ada banyak batu kerikil dan duri , pahit dan manis didalam perjalanan hidup mereka. Lalu lihat juga pilihan hidup yang mereka ambil, tentunya sangat berpengaruh dengan kesuksesan mereka sekarang ini. Ya seperti Nabi Muhammad SAW, beliau dalam berdakwah menyampaikan agama illahi tidaklah mulus jalannya. Beliau bahkan mendapat lemparan batu kerikil serta cacian. Namun begitu beliau tidak menyerah, dan dengan kemuliaan beliau dapat memberikan kita pencerahan hingga sekarang~

6. Koreksi diri sendiri. Kita manusia tidak mungkin terlepas dari kesalahan. Jika kita salah akuilah, dan koreksi diri kita sendiri. semakin kita sering mengoreksi diri sendiri, insya allah kita akan menjadi pribadi yang lebih baik lagi. amiiin :D

7. Jangan berputus asa.  Seperti firman Allah SWT : “Katakanlah: “Hai hamba-hamba-Ku yang malampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah” (QS. Az Zumar : 53)
Nah sudah jelas, bahwa Allah memerintahkan kita untuk tidak berputus asa, melainkan tetap berharap rahmat dari Allah SWT.
Allah juga berfirman : “Ketahuilah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat” (QS. Al Baqarah : 214)
Karena itulah jangan kita lupa untuk memohon kepada Allah SWT rahmat serta pertolongan dari-Nya.

8. Berusahalah sebisamu. Berusahalah dengan sekuat tenaga, pantang untuk menyerah. Dan jangan malu untuk melakukannya.

9. Berdo'alah. Selain berusaha tentu harus dibarengi dengan do'a. Pasrahkan diri pada sang pencipta, tentunya setelah berusaha ya :)

10. Yang terakhir tetapi bukan yang akhir adalah berpedomanlah kepada agama :) . Tentu kita umat Islam berpedoman pada dua hal Al-Quran dan Hadist.

Semoga bermanfaat ya :) . Tulisan ini pastinya masih banyak kekurangan disana dan disini, karena itu saya mohon dimaafkan ^^ . Kalau ada koreksi malah akan lebih baik, hehe. sekian wassalamualaikum~

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Posting Komentar